Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Kosmetik Dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i2.85

Inka Afala Wijaya(1*), Aprianto La’lang Kuddy(2)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas yang diukur dengan ketiga rasio yaitu, Return On Asset (ROA), Retrun On Equity (ROE), dan Net Profit Margin (NPM) terhadap harga saham baik secara parsial maupun simultan. Objek penelitian dilakukan pada perusahaan Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2018-2020 yang berjumlah 6 perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu Studi Kepustakaan dan Teknik Dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t untuk menguji koefisien regresi persial serta, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Dan variabel Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin secara simultan berpengaruh terhadap Harga Saham.

Keywords


Profitabilitas; Return On Asset (ROA); Return On Equity (ROE); Net Profit Margin (NPM); Harga Saham

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i2.85

Article Metrics

Abstract viewed : 642 times
PDF files downloaded : 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics