Strategi Segmentasi, Target, dan Pemosisian Pada Destinasi Wisata

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v7i2.133

Ivana Wamafma(1*), Agustinus Numberi(2)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi segmentasi, target dan pemosisian pada tempat wisata pantai. Dua lokasi pengambilan data yakni di pantai Holtekamp dan pantai Hamadi di Kota Jayapura. Penelitian ini mengambil data pada sepuluh pengelola lokasi wisata, masing-masing 5 pelaku usaha di pantai Hamadi dan 5 pelaku usaha di pantai Holtekamp. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini, sampel diambil dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Hasil penelitian ini adalah para pelaku usaha jasa wisata pantai masih belum menerapkan strategi STP secara menyeluruh, masih menjalankan pola lama dalam menyerahkan jasa dan berkeinginan untuk memanfaatkan teknologi dan informasi dalam strategi pemasaran.

Keywords


Pemosisian; Segmentasi; Strategi; Target.

Full Text:

PDF

References


Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS.

Kotler, P. (2018). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Pearson Education Inc.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran Strategik. Andi.




DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v7i2.133

Article Metrics

Abstract viewed : 197 times
PDF files downloaded : 120 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics