Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai Yang Di Mediasi Oleh Semangat Kerja
Johanis R. Wanma(1), Yasir Attamimi(2*), Vinka D. A. Putri(3)
(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(3) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai yang dimediasi olehsemangat kerja pada PT Bank Pembangunan Daerah Papua Cabang Utama Jayapura. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis deskriptif dan menggunakan alat uji statistik smartPLS 3 dengan metode analisis partial least square.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung terdapat pengaruh pelatihan terhadap kinerja pegawai, pengembangan sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai, pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja, pengembangan sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja, semangat kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Selanjutnya secara tidak langsung menunjukkan bahwa pelatihan terhadap kinerjapegawai yang dimediasi variabel semangat kerja berpengaruh positif yang signifikan, pengembangan sumber daya manusia terhadap kinerja pegawai yang dimediasi variabel semangat kerja berpengaruh positif yang signifikan.
Keywords
Kinerja Pegawai; Pelatihan; Pengembangan Sumber Daya Manusia; Semangat Kerja
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v8i1.151
Article Metrics
Abstract viewed : 58 timesPDF files downloaded : 64 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.
The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.