STRATEGI BISNIS PRODUK DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL: MUFFIN TAPE SINGKONG

Authors

  • Rachmat Astiana STIEPAR Yapari
  • Daffa Adlan STIEPAR Yapari

DOI:

https://doi.org/10.55264/jumabis.v9i2.188

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi produk pangan lokal berbasis bahan fermentasi tradisional yaitu tape singkong (cassava tape) ke dalam olahan pastry modern berbentuk muffin. Inovasi ini diharapkan dapat memperkenalkan cita rasa khas lokal melalui produk bakery yang diterima oleh masyarakat luas, serta mendukung diversifikasi pangan lokal. Melalui diversifikasi tersebut, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai jual tape singkong. Penelitian dilakukan secara eksperimental di Laboratorium Kitchen STIEPAR Yapari Bandung dengan perbandingan bahan utama 50% tepung terigu dan 50% tape singkong. Pengujian dilakukan melalui uji organoleptik terhadap 30 panelis konsumen dan tiga panelis ahli (expert panel). Parameter penilaian meliputi aroma, rasa, tekstur, warna, dan bentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,7% panelis menyukai warna muffin tape, 83,3% menyukai aroma, dan 73,3% menyukai bentuk produk, sementara hanya 46,7% menyatakan suka terhadap rasa dan 33,3% terhadap tekstur. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa muffin tape singkong memiliki potensi sebagai produk inovatif berbasis pangan lokal dengan karakter aroma khas dan warna menarik, namun perlu dilakukan reformulasi untuk meningkatkan tekstur dan cita rasa. Setelah dilakukan diversifikasi muffin tape singkong, terdapat peningkatan nilai jual pada tape singkong, melalui perhitungan HPP.

Downloads

Published

2025-11-28

How to Cite

Astiana, R., & Adlan, D. (2025). STRATEGI BISNIS PRODUK DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL: MUFFIN TAPE SINGKONG. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 9(2), 01–06. https://doi.org/10.55264/jumabis.v9i2.188

Issue

Section

Articles