Pengaruh Kualitas Layanan Toilet Saga Mall Abepura Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung
Alfrida V. P. Yamanop(1*), Anjar Nasta Muchlasin(2)
(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian bertujuan menguji pengaruh Kualitas Layanan (Reliabilitas, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti Fisik) Toilet Saga Mall Abepura Terhadap Kepuasan Pengunjung. Lokasi penelitian dilakukan di Saga Mall Abepura Kota Jayapura. Jenis penelitian survei ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pengunjung Saga Mall Abepura dan pernah menggunakan fasilitas toilet umum yang dmiliki oleh Saga Mall Abepura. Teknik pengambilan teknik penyampelan Non-Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling dan Accidental Sampling. Ukuran sampel sebesar 110 responden. Instrumen Pengambilan data menggunakan kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan program amos versi 22. Hasil estimasi SEM menunjukkan bahwa dari lima hipotesis yang ada terdapat tiga hipotesis yang diterima dan dua hipotesis tidak diterima. Variabel reliabilitas, jaminan dan bukti fisik Pada Toilet Saga Mall Abepura berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung sedangkan variabel daya tanggap dan empati pada Toilet Saga Mall Abepura tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung.
Keywords
Kualitas Layanan, Kepuasan Pengunjung, Toilet dan SEM.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v3i2.34
Article Metrics
Abstract viewed : 377 timesPDF files downloaded : 295 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.
The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.