Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur yang Tercatat Di BEI

Authors

  • Anita Erari Universitas Cenderawasih
  • Fitri Nurjanah Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.71

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Profitabilitas, ROA, ROE, NPM.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis praktek penerapan tanggung jawab sosial pada perusahaan manufaktur sub sector food and beverage dan untuk menguji pengaruh penerapan tanggung jawab social perusahaan terhadap profitabilitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2014-2018. Populasi sebanyak 18 perusahaan yang dipilih menggunakan metode purposived sampling. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis menggunakan uji T untuk menguji koefisien regresi parsial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tingkat penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap pada return on asset (ROA) dan return on equity (ROE) pada perusahaan, tetapi Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh terhadap Net Profit Margin (NPM) perusahaan dengan nilai signifikan 0,003 lebih kecil dari 0,05. Kemampuan prediksi dari tiga variabel tersebut terhadap CSR sebesar 18% sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya adjusted R square sebesar 18% sedangkan sisanya 82% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian ini.

Downloads

Published

2021-02-06

Issue

Section

Articles