Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Telekomunikasi Milik Negara Dan Perusahaan Telekomunikasi Milik Swasta Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i2.79

Myra Oktapurwanti(1*), Anita Erari(2), Aprianto La'lang Kuddy(3)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(3) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan antara perusahaan Telekomunikasi Milik Negara dengan perusahaan Telekomunikasi Milik menggunakan analisis rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian komperatif. Sampel penelitian ini berjumlah 2 perusahaan yang terdiri dari Perusahaan Telekomunikasi Milik Negara (BUMN) dan Perusahaan Telekomunikasi Milik Swasta (BUMS). Sampel dipilih dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Data penelitian dianalisis dengan SPSS versi 21 menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji beda dua rata-rata (Independent Sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan Telekomunikasi Milik Negara lebih baik daripada perusahaan Telekomunikasi Milik Swasta yang diukur menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas. Serta terdapat perbedaan kinerja keuangan perusahaan telekomunikasi Milik Negara dan perusahaan telekomunikasi Milik Swasta yang terdaftar di BEI selama periode 2013-2017 dilihat dari analisis Uji Beda Independent Sample T-Test menggunakan rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas.


Keywords


Kinerja Keuangan, Rasio Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i2.79

Article Metrics

Abstract viewed : 392 times
PDF files downloaded : 525 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics