Pengaruh Financial Behavior, Financial Technology, Dan Adopsi E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku UMKM di Kota Jayapura
Uswatun Solikhah(1), Aprianto La'lang Kuddy(2*)
(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Financial Behavior, Financial Technology dan Adopsi E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Jayapura. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelaku UMKM di kota Jayapura. Sampel pada penelitian ini berjumlah 96 pelaku UMKM yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan memakai uji Asumsi klasik . Hasil penelitian pada uji t dapat disimpulkan bahwa Variabel Financial Behavior (X1) dan Adopsi E-Cmmerce (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan. Sedangkan pada variabel Financial Technology (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Peningkatan Pendapatan. Selain itu, pada uji f dapat disimpulkan bahwa variabel Financial Behavior (X1), Financial Technology (X2) dan Adopsis E-Commerce (X3) secara serentak (simultan) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Peningkatan Pendapatan (Y). Dari seluruh uji dapat disimpulkan bahwa Variabel Financial Behavior adalah variabel yang paling dominan di antara ketiga variabel dependen lainnya.
Keywords
Financial Behavior, Financial Technology, Adopsi E-Commerce, dan Peningkatan pendapatan UMKM
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v8i1.145
Article Metrics
Abstract viewed : 118 timesPDF files downloaded : 129 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.
The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.