Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Beras Premium Perum Bulog Kantor Cabang Biak

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v4i2.66

Krismiyati .(1*), Sri Handayani(2), Moh Syukur(3)

(1) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
(2) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
(3) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Yapis Biak
(*) Corresponding Author

Abstract


Perusahaan Umum (Perum BULOG) adalah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Ruang lingkup bisnisnya meliputi usaha logistik/pergudangan, survei dan pemberantasan hama, usaha angkutan, penyedia karung plastik, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran. Sebagai perusahaan yang mengemban tugas publik dari pemerintah, Perum BULOG mengadakan kegiatan menjaga harga dasar pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pangan pokok, pengelolaan stok pangan dan penyaluran beras. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh kualitas Produk dan Harga terhadap volume penjualan khususnya beras Premium diPerum BULOG Biak. Perum BULOG menjual beras kualitas premium yang ditujukan untuk komersil. Kualitas yang berbeda ini memiliki harga yang berbeda pula. Hal ini tentu berpengaruh pada volume penjualan karena minat masyarakat yang berbeda terhadap masing - masingkualitas dan harga beras. Semakin tinggi volume penjualan maka beras yang diserap Perum BULOG akan semakin banyak sehingga dapat menampung hasil panen petani secara maksimal. Metode penelitian adalah metode penelitian Kuantitatif , Populasi dalam penelitian ini adalah laporan penjualan komoditi di Perum BULOG Kantor Cabang Biak. Kriteria pemilihan sampel adalah laporan penjualan beras premium komersil di Perum BULOG Kantor Cabang Biak Bulan Januari 2020 sampai dengan bulan Juni 2020. Hasil penelitian menunjukan bahawa Kualitas Produk dan Harga secara simultan berpengaruh terhadap Volume Penjualan dimana angka signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Kualitas Produk secara parsial berpengaruh terhadap Volume Penjualan dimana angka signifikansi sebesar 0,002 lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05.

Keywords


Kualitas Produk, Penjualan, Beras Premium.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v4i2.66

Article Metrics

Abstract viewed : 697 times
PDF files downloaded : 748 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics