Pengaruh Kualitas Jasa Perbankan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Simpedes di Bank Rakyat Indonesia Kantor Unit Cabang Sentani Kabupaten Jayapura

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.73

Markus Setiawan Soumokil(1*), Abdul Kharis Kamaruddin(2)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Jasa (bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) secara parsial terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura. 2) Untuk mengetahui pengaruh Kualitas Jasa (bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) secara simultan terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura. 3) Untuk mengetahui faktor di antara bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati yang berpengaruh dominan terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Deskriptif kuantitatifdilaksanakan pada bulan Juni tahun 2020.Populasi sebanyak 100 orang. Sampel sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bukti Langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura. 2) Kehandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura 3) Daya Tanggap tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura 4) Jaminan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura 5) Empati berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura.6) Bukti Langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh simultan dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura. 7) Faktor yang dominan berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah BRI Kantor Unit Sentani Kabupaten Jayapura adalah faktor empati.

Keywords


Kualitas Jasa, Loyalitas Nasabah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.73

Article Metrics

Abstract viewed : 282 times
PDF files downloaded : 354 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics