Analisa Sistem Pemberian Dan Pengawasan Kredit Serta Faktor Penyebab Terjadinya Kredit Macet Pada Bank Papua Cabang Timika

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i1.82

Markus Setiawan Soumokil(1*), Ferdinand Edoway(2), Agustinus Numberi(3)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(3) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegiatan kredit memiliki resiko kredit, salah satunya adalah resiko kerugian akibat kegagalan debitur memenuhi kewajibannya. Penyelewengan serta kemacetan dalam pelunasan kredit dapat diakibatkan oleh faktor intern dan juga faktor ekstern dari sejak awal proses aktivitas kredit dilaksanakan sampai kepada pelunasan kredit dilakukan. Untuk itu sistem pemberian kredit, jenis pembiayaan, proses kredit, dan proses monitoring atas kredit yang disalurkan menjadi penting diperhatian pihak bank. Populasi dalam penelitian ini ialah nasabah pada Bank Papua Cabang Timika. Peneliti pada awalnya menyebar 180 kuesioner untuk dijadikan sampel pada penelitian ini namun kuesioner yang berhasil peneliti dapatkan kembali dan jadikan Sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 120 nasabah kredit (debitur) sebagai responden. Dalam proses aktivitas kredit selama satu periode dari tahun 2015 sampai dengan 2019 Bank Papua Cabang Timika mengalami Non Performing Loan sebanyak 0,044% atau mengalami kredit bermasalah sebesar nominal Rp. 134.476.960.660. Data total nilai kredit bermasalah dan jumlah nasabah debitur yang mengalami masalah dalam proses pelunasan kewajiban pada setiap jenis fasilitas kredit Dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil suatu kesimpulan bahwa sistem pemberian kredit pada Bank Papua Cabang Timika dilaksanakan sesuai dengan Standard Operating Prosedure (SOP) yang ketat dan kuat. Namun masih terjadi kekurangan yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah setiap tahunnya.


Keywords


Kredit; Perbankan; Pelayanan nasabah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i1.82

Article Metrics

Abstract viewed : 228 times
PDF files downloaded : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics