PENGARUH PENGETAHUAN ANGGOTA DEWAN TENTANG ANGGARAN TERHADAP KINERJA PENGAWASAN KEUANGAN DAERAH DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI PEMODERATING

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v1i1.1

Aprianto La'lang Kuddy(1*)

(1) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh kualitas pengetahuan anggota dewan tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah (APBD) dengan gaya kepemimpinan sebagai variabel pemoderasi yang akan memperkuat atau memperlemah hubungan tersebut. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan dewan tentang anggaran dan variabel dependennya adalah pengawasan keuangan daerah (APBD). Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anggota dewan pada kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Papua, DPRD Kabupaten Jayapura, dan DPRD Kota Jayapura untuk periode 2009-2014 dengan jumlah responden, yaitu sebanyak 111 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara survei langsung, kemudian pengujian hipotesis diuji secara empiris dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh terhadap pengawasan keuangan daerah (APBD). Di samping itu, penelitian ini juga dapat membuktikan bahwa interaksi antara gaya kepemimpinan dengan pengetahuan tentang anggaran berpengaruh terhadap pengawasan APBD yang dilakukan oleh dewan.


Keywords


Gaya kepemimpinan, Pengetahuan anggaran, Kinerja, dan Pengawasan keuangan daerah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v1i1.1

Article Metrics

Abstract viewed : 343 times
PDF files downloaded : 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics