Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.70

Safiah Safiah(1*), Aprianto La'lang Kuddy(2)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 7 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang tercatat di BEI periode 2016-2018. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling atau teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode pengelolaan data menggunakan analisis jalur dan sobel test. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang tercatat di BEI periode 2016-2018. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan hasil penelitian secara tidak langsung, kebijakan dividen tidak mampu memediasi hubungan antara profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang tercatat di BEI periode 2016-2018.

Keywords


Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Kebijakan Dividen.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.70

Article Metrics

Abstract viewed : 1394 times
PDF files downloaded : 1815 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics