Analisis Pengaruh Kebijakan Utang Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i1.83

Mike Stevenson Tokoro(1*), Nabila Putri Candra(2)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kebijakan utang terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Kebijakan utang diproksikan dengan utang jangka pendek (short term debt) dan utang jangka panjang (long term debt) sedangkan profitabilitas perusahaan menggunakan return on equity. Penelitian ini merupakan penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Kemudian dilakukan uji hipotesis dengan uji signifikansi parsial (Uji t) dan uji signifikansi simultan (Uji F). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub-sektor food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel yang diperoleh berdasarkan pada teknik purposive sampling sebanyak 13 perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa short term debt berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, artinya semakin tinggi tingkat penggunaan short term debt maka akan meningkatkan profitabilitas perusahaan sedangkan long term debt berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas, artinya semakin tinggi tingkat penggunaan long term debt maka dapat menurunkan tingkat profitabilitas perusahaan. Dan secara simultan short term debt dan long term debt berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan, artinya semakin tinggi tingkat penggunaan short term debt dan long term debt secara bersamaan maka dapat mempengaruhi tingkat profitabilitas pada perusahaan manufaktur sektor industri food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019.


Keywords


Profitabilitas;Kebijakan Utang;Utang Jangka Pendek;Utang Jangka Panjang;Return on Equity

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i1.83

Article Metrics

Abstract viewed : 385 times
PDF files downloaded : 189 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics