Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham pada Perusahaan Food dan Baverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.72

Mike Stevenson Tokoro(1*), Miratul Hasanah(2)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Dan Profitabilitas secara parsial dan simultan terhadap harga saham pada perusahaan Food and Baverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 perusahaan. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu studi kepustakaan dan teknik dokumentasi. Yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Likuiditas (Current Ratio) dan Profitabilitas (Return On Asset) berpengaruh signifikan terhadap harga saham, sedangkan Solvabilitas (Debt To Equity Ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Secara simultan Current Ratio, Debt To Equity Ratio dan Return On Aset berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio dan Return On Aset terhadap harga saham sebesar 63.8%.


Keywords


Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, dan Harga Saham

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i1.72

Article Metrics

Abstract viewed : 575 times
PDF files downloaded : 450 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics