Analisis Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK) Terhadap Kinerja Kampung (Studi Pada Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua)

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v2i2.23

Daniel Dawan(1*)

(1) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1). Memahami peran masing-masing komponen kampung dalam pelaksanaan Rencana Strategi Pembangunan Kampung (Respek) di Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. 2). Memahami hakekat dari masing-masing komponen kampung terhadap implementasi program Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), di Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. 3). Untuk mengetahui apakah Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), memberikan perubahan melalui kinerja kampung.Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian pada Kampung Asey Kecil Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. Hasil penelitian menunjukan bahwa Analisis Rencana Strategi Pembangunan Kampung (RESPEK), telah memberikan dampak nyata terhadap pembangunan kampung, khususnya Kampung Asey Kecil, baik dari segi sarana prasarana (pendidikan,pelayanan kesehatan), infrastruktur (pembuatan bak air bersih, listrik, jalan, MK serta peningkatan makanan dan gizi. Keberhasilan RESPEK tidak terlepas dari strategi pembangunan yang diterapkan diantaranya adalah Pendekatan Budaya Lokal, Pendekatan Strategi Partnership serta Pendekatan Partisipatory dengan adanya pendekatan tersebut mampu menjawab persoalan pembangunan kampung, dan telah memberikan dampak nyata terhadap pembangunan kampung. Komponen kampung sangat berperan serta dalam program pembangunan kampung, yang dicanangkan Pemerintah Daerah Provinsi Papua sesuai dengan Undang-undang Otonomi Daerah Nomor 22 Tahun 1999 serta Undang-undang Otonomi Khusus Nomor 21 Tahun 2001 bagi Provinsi Papua yang memberikan kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Pemerintah Kota dan Kabuapten serta masyarakat dapat mengatur dan mengurus dirinya sendiri.

Keywords


Rencana Strategi Pembangunan Kampung, Kinerja Komponen Kampung, Implementasi Program Pembangunan, Pendekatan Budaya Lokal, Pendekatan Strategi Pembangunan serta Pendekatan Partisipatory.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v2i2.23

Article Metrics

Abstract viewed : 385 times
PDF files downloaded : 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics