Studi Re-Design Mata Kuliah Kewirausahaan untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Mahasiswa: Studi Kasus Universitas T

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v3i1.31

Ully Yunita Nafizah(1*), Budi Praptono(2), Boby Hera Sagita(3)

(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(3) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


Perguruan Tinggi berkewajiban untuk menjadi fasilitator dalam memotivasi, mengarahkan, dan menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung semangat berwirausaha mahasiswa maupun lulusannya. Salah satu metode fasilitator adalah melalui keberadaan mata kuliah kewirausahaan formal yang diselenggarakan di Perguruan Tinggi. Pendidikan kewirausahaan secara formal diharapkan dapat menciptakan kompetensi kewirausahaan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan berwirausaha mahasiswa. Beberapa faktor diketahui mempengaruhi semangat berwirausaha, yaitu faktor individu, faktor sosial, dan faktor lingkungan. Faktor individu, khususnya, diketahui dapat dipengaruhi melalui sebuah pendidikan, dalam konteks ini dalam bentuk pendidikan kewirausahaan secara formal melalui mata kuliah kewirausahaan. Komponen mata kuliah kewirausahaan terdiri dari metode pengajaran, komponen pembelajaran, komponen pengetahuan, dan komponen keterampilan. Studi ini bermaksud untuk melakukan re-desain mata kuliah yang tepat, baik dari segi jenis pembelajaran dan materi perkuliahan. Studi ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif, khususnya melalui survei yang dilakukan di lingkup objek studi Universitas T.

Keywords


Komponen Keterampilan, Komponen Pengetahuan, Komponen Pembelajaran, Mahasiswa, Mata Kuliah Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, dan Metode Pengajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v3i1.31

Article Metrics

Abstract viewed : 235 times
PDF files downloaded : 227 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics