Pengaruh Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i2.76

Pingkan Emmy(1*), Johanis R. Wanma(2)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan motivasi kerja secara parsial dan simultan serta mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kinerja pegawai pada BPSDM Provinsi Papua. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Analisis regresi linier berganda merupakan regresi yang memiliki satu variabel dependen dan dua atau lebih variabel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individu stres kerja dan motivasi kerja mampu memberikan dampak positif terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua, hal ini berarti bahwa semakin rendah tingkat stres pegawai pada organisasi dan semakin baik motivasi kerja yang diberikan oleh pimpinan kepada bawahan, akan meningkatkan variabel kinerja pegawai, sebaliknya semakin tinggi tingkat stres karyawan dan semakin rendah motivasi yang diberikan oleh pimpinan/organisasi kepada pegawai, maka kinerja pegawai juga akan menurun.Secara bersama-sama stres kerja dan motivasi kerja mampu memberikan dampak positif terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua. Hal ini berarti bahwa, stres kerja dan motivasi kerja dalam waktu yang sama mampu meningkatkan kinerja pegawai pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua.Variabel motivasi kerja memiliki dampak yang dominan terhadap kinerja pegawai pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua. Hal ini berarti bahwa, motivasi kerja memiliki dampak yang paling erat dalam meningkatkan kinerja pegawai pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua.

Keywords


Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Pegawai.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v5i2.76

Article Metrics

Abstract viewed : 416 times
PDF files downloaded : 764 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics