Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v1i2.8

Andarias Kuddy(1*)

(1) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja dalam pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja dan kinerja pegawai sebagai variabel dependennya. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai pada kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei langsung dengan menggunakan instrumen kuesioner dan hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial (individu), variabel kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua. Disamping itu, penelitian ini juga dapat membuktikan bahwa variabel disiplin memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kinerja Pegawai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua.

Keywords


Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja, dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v1i2.8

Article Metrics

Abstract viewed : 1777 times
PDF files downloaded : 1445 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics