Pengaruh Pendapatan Dan Harga Terhadap Daya Beli Masyarakat

Authors

  • Lulu Indriaty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke
  • Fety R Q Mulya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke
  • Hendrikus Tjiu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke
  • Susana Santy Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke
  • Susiani Susiani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke
  • Andi Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Merauke

DOI:

https://doi.org/10.55264/jumabis.v7i1.98

Keywords:

Daya Beli Masyarakat, Harga, Pendapatan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui pengaruh dari pendapatan dan harga terhadap daya beli masyarakat di pasar Wamanggu, Kabupaten Merauke. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan sampel sebanyak 50 responden. Teknik analisis menggunakan analisis statistik dengan pengujian regresi berganda, uji hipotesis serta uji simultan. Pengujian hipotesis secara parsial di peroleh variabel pendapatan dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap daya beli masyarakat di pasar Wamanggu, Kabupaten Merauke. Untuk uji simultan di peroleh variabel pendapatan dan harga secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap daya beli masyarakat di pasar Wamanggu, Kabupaten Merauke.

References

Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Larosa, S. R. (2011). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Warung-Warung Makan di Sekitar Simpang Lima Semarang) (pp. 1–49). Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/28746/1/Skripsi10.pdf

Putra, A. T. (2021). Pengaruh Daya Beli Masyarakat Terhadap Pendapatan Pedagang Pasar Inpres Painan Selama Pandemi Covid-19. Universitas Andalas. http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81251

Rawung, D. R., Oroh, S. G., & Sumarauw, J. S. B. (2015). Analisis Kualitas Produk, Merek, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Pada PT. Sinar Galesong Pratama Manado. Jurnal Emba, 3(3), 1298–1308. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.3.3.2015.10413

Stevenson, W. J. (2005). Operations Management. McGraw-Hill/Irwin.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.

Wibowo. (2011). Pengantar Ekonomi.

Downloads

Published

2023-05-01

Issue

Section

Articles