Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Melalui Portal Akademik Universitas Cenderawasih Pada Masa Pandemi Covid-19

DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i2.91

Yasir Attamimi(1*), Chrisostommi W. Tuhumena(2), Jack Henry Syauta(3)

(1) Universitas Cenderawasih
(2) Universitas Cenderawasih
(3) Universitas Cenderawasih
(*) Corresponding Author

Abstract


Kehadiran sistem informasi digital membawa banyak kemudahan bagi sivitas akademika Universitas Cenderawasih. Terutama dalam hal meningkatkan kualitas layanan akademik, Universitas Cenderawasih telah menggunakan sebuah system informasi yang berfungsi sebagai integrator informasi akademik yang ada diberbagai unit akademik (program studi/fakultas). Akan tetapi, beberapa waktu belakangan ini, keluhan terkait masalah portal akademik Universitas Cenderawasih semakin gencar, terutama dari kalangan mahasiswa sebagai pengguna di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan (gaptek) mengenai pemanfaatan teknologi informasi ini oleh sejumlah mahasiswa pengguna. Berdasarkan kondisi tersebut, peneliti merasa perlu melakukan penelitian untuk mengidentifikasi tingkat kepuasan mahasiswa pengguna Portal Akademik di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih. Berdasarkan hasil pengujian chi square diketahui bahwa nilai  hitung adalah sebesar 24,30 sedangkan Tabel adalah sebesar 15,507 artinya  hitung   Tabel, maka hal ini menunjukan bahwa dimensi usability, information quality dan service interaction quality memiliki hubungan terhadap kepuasan pengguna layanan akademik melalui portal akademik Universitas Cenderawasih. Serta berdasarkan hasil pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan akademik melalui portal akademik Universitas Cenderawasih pada masa pandemi covid-19 diketahui bahwa  variabel usability, variabel information quality dan variabel service interaction quality memiliki rata-rata skor jawaban responden adalah sebesar 4,01%, 4,00% dan 4,09% yang artinya mahasiswa merasa puas terhadap pelayanan akademik melalui portal akademik Universitas Cenderawasih pada masa pandemi COVID-19 jika di tinjau dari ketiga variabel tersebut.


Keywords


Kepuasan Mahasiswa; Kualitas Pelayanan Akademik

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55264/jumabis.v6i2.91

Article Metrics

Abstract viewed : 64 times
PDF files downloaded : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

Copyright Jurnal Manajemen dan Bisnis (Journal of Management and Business). ISSN: 2615-0425 (Print) dan 2622-7142 (Online). Published by: Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Cenderawasih.

The Journal Jumabis work is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 



 


Web Analytics